Selasa, 29 Juni 2010

Tugas Perkembangan Remaja


a. Menurut Karl C. Garrison
Tugas-tugas perkembangan remaja pada umumnya menurut Karl C. Garrison meliputi hal-hal sebagai berikut (Qomaruddin, 2005):
1) Menerima keadaan jasmani. Para remaja diharapkan dapat menerima keadaan dirinya sebagaimana adanya tanpa harus dibayang-bayangi oleh imitasi dengan model-model yang dianggap ideal. Dan berusaha memelihara kesehatan jasmaninya serta memanfaatkannya secara maksimal untuk kemaslahatan dirinya.
2) Memperoleh hubungan baru dan lebih matang dengan teman-teman sebaya. Para remaja harus mendapatkan pengakuan dan penerimaan dengan teman sebaya, atau kawan lawan jenis. Hal ini dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya serta sebagai tempat mengekspresikan keadaan yang sedang dialaminya.
3) Menerima keadaan sesuai jenis kelamin dan belajar belajar seperti kaumnya. Para remaja harus bisa menerima tanggung jawab sesuai jenis kelaminnya. Pria akan bersikap seperti seorang pria yang perkasa dengan tanggung jawab sebagai seorang pria. Wanita akan bersikap feminim dengan tanggung jawab sebagai seorang wanita yang penuh kelembutan dan kasih sayang.
4) Memperoleh kebebasan emosional dari orang tua dan orang dewasa.
Para remaja harus diberikan kebebasan untuk melakukan rencana sendiri, mengambil keputusan sesuai dengan kapasitas, serta diberikan pula hak untuk memilih dengan didasarkan pada tanggung jawab dan konsekwensi yang akan ditanggungnya.
5) Memperoleh kesanggupan mandiri dalam hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi dan keuangan. Remaja diharuskan belajar untuk melepaskan diri dari tanggung jawab kedua orang tuanya secara sedikit demi sedikit khususnya dalam keuangan dan tentu saja dalam urusan-urusan yang lainnya. Mereka harus belajar mandiri dalam mempersipkan masa depannya hingga pada akhirnya mereka menjalani kehidupan sendiri terlepas sama sekali dari orang tua.
6) Mendapatkan perangkat nilai-nilai hidup dan falsafah hidupnya.
Penelitian terhadap remaja mengungkapkan bahwa ternyata remaja sangat tertarik pada persoalan-persoalan yang menyangkut kehidupan dan falsafah hidup serta soal-soal keagamaan. Dengan kata lain remaja membutuhkan falsafah hidup dan prinsip yang harus dipegang. Sehingga mereka memiliki kendali didalam mengarungi kehidupan ini. Tidak mudah terombang ambing menghadapi situasi hidup yang cepat berubah.

b. Menurut Havighurst
Tugas-tugas perkembangan seorang remaja menurut Havighurst adalah sebagai berikut (Afhi, 2005):
1) Mencapai suatu hubungan yang baru dan lebih matang antara lawan jenis yang seusia.
2) Dapat menjalankan peran sosial maskulin dan feminin.
3) Menerima keadaan fisik dirinya sendiri dan menggunakan tubuhnya secara lebih efektif.
4) Mengharapakan dan mencapai perilaku sosial yang bertanggung jawab.
5) Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang-orang dewasa lainnya.
6) Mempersiapkan karir ekonomi.
7) Mempersiapkan perkawinan dan keluarga.
8) Memperoleh perangkat nilai dan sistem etis sebagai pegangan untuk berperilkau dan mengembangkan ideologi.
9) Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar