Google+ Followers

Minggu, 14 Oktober 2012

Barang yang perlu dibawa saat pergi umroh

Helooo..... Happy weekend...

Di minggu pagi ini aku mau share barang apa saja yang perlu dibawa saat pergi umroh.. Sesuai dengan pengalaman ku kemaren biar kalo ada yang kesana isi koper gak terlalu overload.. hehe.. Tapi ini khusus buat yang kaum hawa yaa.. hehe..

1. Pakaian ihram 2..

Sebenernya 1 aja cukup sih, soalnya aku diberitau ustadz pembimbingku dalam 1 safar itu umrohnya cukup 1 kali aja, katanya gak ada tuntunannya kalo berkali2 umroh. Yah baju ihram yang 1 nya Cuma buat jaga2 aja.. Baju ihram kan warnanya putih, yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu nerawang. Masak iya sih kita ibadah kainnya nerawang.. Kalo aku kemaren bajunya aku siasati dengan pake manset dan legging yang warnanya senada. Waahh gerah dong.. enggak kok.. ketika umroh, gerahnya gak kayak di Indonesia. Pake kayak gitu di Indonesia pasti udah “gembrobos banget”, xixixi...

2. Pakaian harian 4 stel

Kalo pengen lebih dikit juga boleh... Hehe... soalnya pengalaman waktu di Madinah bajunya ku cuci dalam waktu gak nyampe sehari bajunya dah kering. Mungkin pengaruh karena suhu panasnya. Padahal aku jemurnya di dalam kamar mandi, entah kok bisa cepet gitu. Hotelku kemaren di Dar Al-Naeem..

3. Baju tidur 1 buah

Minimalis... 1 aja cukup kok.. kan cuma buat tidur.. tar bisa dicuci.. kering dipake lagi.. xixixi..

4. Handuk 2 buah

Kalo handuk bawalah yang ukurannnya sedang, jangan terlalu besar.. Kalo gak 1 sedang, yang 1 nya lagi yang ukuran kecil..

5. Alat mandi

Sikat gigi, pasta gigi, shampo, sabun mandi, pencuci muka. Kalo sikat gigi sama pasta gigi mending selalu di bawa ditas yang dibawa di kabin, soalnya waktu kita berhenti di masjid dalam perjalanan ke madinah atau setelah landing di bandara king abdul aziz kita bisa gosok gigi biar fresh gitu mulutnya. Dan pencuci muka juga sebaiknya di bawa di tas yang masuk di kabin.

6. Jaket

Ini bisa dibawa waktu masuk pesawat buat yang gak tahan dinginnya suhu di pesawat. Walaupun sebenernya di pesawat tar juga dikasih selimut sih. Dan buat jamaah yang dari biro tours nya pake seragam semacam jas gitu menurutku sih udah agak anget. Aku kemaren berangkat di bulan Juni. Jaket yang ku bawa sama sekali gak kepake, soalnya cuaca panas, cuma jadi penghuni di koper aja tuh. Yah cari info aja di bulan Anda berangkat itu masuk musim apa. Kalo panas, mending gak usah bawa jaket. Hehe..

7. Pakaian dalam 6 / 7 stel

Ini sama kayak baju harian, kalo bawanya mau minimalis tar bisa dicuci di sana.

8. Sandal jepit

Ini bisa buat dipake ke masjid. Kalo bisa sekalian bawa tas kecil untuk bawa sendal. Buat menghindari hilangnya sendal, biasanya jamaah umroh membawa masuk sandal ke masjid, ada yang dimasukkan ke tas sendal atau yang gampang dengan tas kresek.

9. Obat-obatan pribadi

Nah kalo ini jangan dimasukkan ke tas koper, karena bentuknya obat, sebaiknya dibawa ke dalam pesawat.

10. Mukena 1 buah dan sajadah

Bawalah yang jangan terlalu tebal. Biasanya dari biro tours nya udah dikasih mukena, yang itu aja yang dibawa gak usah nambah mukena lagi.

11. Kaos kaki 3 buah

12. Al-Quran

13. Pelembab bibir, lotion / sunblock, parfum

Masukkan ke koper ya.. Takutnya kalo masuk di pesawat sebelumnya udah disita. Soalnya cairan yang melebihi 200ml kalo gak salah, gak boleh masuk pesawat. Kalo pelembab bibir bibir bisa masuk ke pesawat.

14. Payung

15. Tas kresek untuk pakaian kotor

16. Charger hape Ini masuk ke tas yang dibawa ke dalam pesawat aja sih kalo menurut saya. hehe..

17. Buku tuntunan umroh dari biro

18. Kamera Dibawa di tas yang masuk kabin

19. Makanan ringan

Biasanya ada juga yang bawa makanan dari rumah. Termasuk aku kemaren, tapi pada akhirnya aku tinggalin aja tuh di hotel. Soalnya umroh beda dengan naik haji. Umroh bener-bener udah terjamin untuk segi makanannya dan jadwal makan pun teratur. Kalo mau bawa makanan ringan secukupnya aja.

Nah seingetku itu tuh yang perlu dibawa. Emmm... kalo kita bawanya bisa sedikit minimalis kan waktu pulangnya koper bisa cukup banyak diisi oleh2 untuk sanak sodara ataupun teman2. Gak kayak aku kemaren kudu beli tas tenteng lagi di pasar daerah Mekah, soalnya koper udah penuh banget. Dan yang perlu diperhatikan koper juga jangan over dari batas maksimal beratnya. Kayaknya kemaren maksimal 25 atau 30kg. Maap sedikit lupa.. Tapi alhamdulillah dari tour saya sebelum kita menuju airport, malamnya udah disediain timbangan buat nimbang berat koper. Sambil packing2 gitu, tiba2 didatangin ustadz yang udah bawa timbangan. Jadinya enak.. hehe..

Nah segini yang bisa saya share.. Semoga bisa bermanfaat.. Dan yang mau berangkat semoga umrohnya mabrur.. amiin... ^_^

[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅] ☺

2 komentar: