Rabu, 21 September 2011

11 Aturan Penting Pendidikan Anak (Nanny 911)

1. Bersikap konsisten -- Tidak artinya tidak. Iya artinya iya.

2. Setiap tindakan punya konsekuensi -- Tingkah laku yang baik mendapat imbalan. Tingkah laku yang buruk mendapat hukuman.

3. Katakan apa yang Anda inginkan dan benar-benar Anda inginkan.. Berfikir sebelum berbicara–atau rasakan akibatnya.

4. Orangtua bekerja sama sebagai satu tim -- Jika Anda tidak saling setuju dalam satu hal, anak Anda tidak akan tahu siapa yang harus ia dengarkan. Hasilnya, mereka tidak akan mendengarkan siapapun.

5. Jangan berjanji jika tidak bisa Anda tepati -- Jika Anda mengatakan kepada anak-anak banhwa mereka akan pergi ke suatu tempat, lebih baik Anda mulai berkemas-kemas.

6. Dengarkan anak Anda -- Aku perasaan mereka. Katakan “Ayah/Ibu mengerti” dan “Ayah/Ibu mendengarmu.” Kemudian luangkan waktu untuk mengerti dan mendengar.

7. Tentukan rutinitas -- Rutinitas membuat anak merasa aman dan memberi struktur terhadap waktu yang mereka miliki.

8. Rasa hormat berlaku dua arah -- Jika Anda tidak menghormati anak Anda, mereka tidak akan menghormati Anda.

9. Penguatan yang positif jauh lebih berhasil daripada penguatan negatif -- Sanjungan, pujian dan kebanggaan jauh lebih bermanfaat daripada sikap nyinyir, negatif dan mengacuhkan.

10. Tingkah laku adalah hal yang universal -- Tingkah laku yang baik diterima dimanapun.

11. Definisikan peran Anda sebagai orangtua -- Bukan tugas Anda untuk membuat anak tergantung pada Anda. Tugas Anda adalah mempersiapkan dia menghadapi dunia luar dan biarkan dia menjadi dirinya sendiri.



Sumber: Buku Nanny 911

Tidak ada komentar:

Posting Komentar