Jumat, 05 Oktober 2012

Kartun pun tak semuanya cocok untuk anak-anak

Kartun kayaknya tontonan yang biasanya banyak disuguhkan buat anak-anak. Tapi menurut saya gak semua kartun cocok diberikan untuk anak-anak. Orangtua atau pengasuh ataupun orang yang ada di samping si anak kudu pinter alias jeli memberikan tayangan pada anak. Contohnya dulu tahun kapan itu film kartun utramen yang digugat karena kurang mendidik.. Sangat banyak kartun yang di dalamnya ada unsur kekerasan, bukankah itu sangat memungkinkan terjadinya dampak negatif. Saya pernah membaca, ada kutipan bahwa “Seorang anak adalah peniru yang ulung”. Apalagi pada masa-masa golden age dimana anak seperti spons, apapun yang dia lihat, dengar, dan rasakan bisa ia tirukan. Children See. Children Do.



Siapa sih yang gak kenal dengan kartun Tom and Jerry?? Kadang seru sih nontonnya. Bisa bikin ketawa ketika si Tom sedang “apes”. Hehe.. Tapi kalau direnungin kurang mendidik juga. Coba bayangin semua taktik yang dilakukan si Jerry.. Kok kayaknya ngeri ya? Ada adegan dimana Tom dikerjain Jerry sampe terbakar badannya. Aduuh... sadiss... gimana kalo anak-anak niru?

Sebaiknya sih kalo mau lietin film kartun yang ada di samping anak kudunya tau itu kartun bagus gak buat perkembangan si anak. Yang pasti adalah untuk perkembangan moralnya. Biar gak kayak diberita-berita sekarang. Banyak para murid yang pada tawuran. Pernah baca di running teks katanya di KPAI dari Januari 2012 – September ini udah ada 103 laporan tentang tawuran. Ya Allah miris sekali. Mereka itu kan tunas bangsa. Makanya sejak dini kudu “dijaga”. Bukannya ngeprotect sih. Tapi selalu dibimbing atau diberi pengertian kalo ada tayangan yang bertolak belakang dengan nilai moral.

Yogyakarta, 5 Oktober 2012 (11:01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar