Jumat, 06 Juli 2012

Sedekah Itu Ajaib..

Assalamu’alaikum..

(Alhamdulillah) Sekarang sedang marak yang namanya “Sedekah”, setauku Sedekah ini “booming” dimulai dari seorang ustadz yang bernama Yusuf Mansur, siapa sih yang gak kenal beliau? Tuh sering nongol di tipi tiap pagi di Antv. hehe.. nggak bermaksud iklan yaa,,, :p

Tapi aku semakin dicekoki oleh kata “sedekah” dari twitternya Mas @Saptuari sang empunya Kedai Digital, Kaos Jogist dan Warung Mas Kingkong. Beliau membuat sebuah ide yang Luar Biasa sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan tanpa mengenal agama dan suku.. namanya adalah www.sedekahrombongan.com. Jadi gini, kita yang mau ikut sedekah rombongannya Mas Saptuari tar transfer ke rekening yang dicantumin di web tersebut dan sedekahnya akan diserahkan kepada yang berhak, gak cuma untuk masyarakat Jogja aja kok..

Mas Saptuari adalah seorang pengusaha yang sangat menggebu2 dan bikin makjleb ketika “memotivasi” orang.. Apalagi untuk para mahasiswa.. Saya masih inget twit beliau yang intinya mengatakan bahwa “Gak Malu apa minta duit ke orang tua?” haduuh... makjlebb... nangis2 bombay deh baca sindiran mautnya..

Saya udah MAHAsiswa gini, udah semester akhir pula kyknya belum bisa bikin orangtua bangga. Bisanya cuma minta duit beli ini itu yang mungkni bikin duit mubazir.. Kadang minta uang buat bayar kuliah pun melebih2kan dari yang seharusnya.. Ya Allah... Ibu.. Bapak.. Maafffffff... T_T

MAHAsiswa, MAHA itu guedeee... tapiii.... apa saya sudah pantas dibilang “MAHA” kalau belum banyak bermanfaat sesuai dengan ilmu saya? Kenapa saya baru bertemu dengan kata2nya Mas Saptuari ketika mulai menjadi mahasiswa akhir? Menyesal.... nasi sudah menjadi bubur.. fiuuhh.. Tapi saya yakin Allah punya kejutan yang lain.. Karena Dia lebih mengetahui apa yang saya butuhkan.. Saya sangat percaya itu..

Oke, kembali ke pokok bahasan awal..

Sering banget di twitter mas Saptuari cerita atau nge-retweet cerita keajaiban bersedekah dari para followersnya.. Nah dari situ saya terkagum2,, Allah itu terlalu baik dengan hambaNya.. Dalam QS. Al-Baqarah 261, Allah berjanji bagi hambaNya yang bersedekah bakal diganti dengan rezeki yang berkali lipat. Ada surat yang menjelaskan bahwa Allah akan melipatkan sedekahnya 10x lipat bahkan sampai 700x lipat, gimana Allah gak “terlalu baiik”??

Kemaren hari Jumat malam, tanggal 29 Juni 2012 saya dengerin Radio Swaragama fm, disitu lagi ada bincang2 dg Mas Saptuari membahas bukunya yang baru sadja diterbitkan, judulnya “Tweet Sadiz Bikin Mringis!”, buku tersebut isinya kumpulan kultwit beliau dan cerita2 keajaiban sedekah dari teman2nya ataupun dari para followersnya.. Intinya Mas Saptuari lagi ngasih virus biar semua orang bersedekah.. hehe.. Good job Mas.. Dibincang2 tersebut ada kuis buat dapetin buku Tweet Sadiz, saya pun ikut ngirim sms berharap dapat gratisan buku. Tapi sebelum pengumuman siapa yang menang, eehh... saya nya malah udah pindah ke alam mimpi alias ketiduran, gak tau deh siapa yang menang. Ikhlass... hehe..

Nahh... pagi harinya Sabtu, tanggal 30 Juni 2012 saya berniat beli bukunya di Kedai Digital karena buku itu belum dijual di toko buku. Dan Alhamdulillah didompet saya ada uang yang cukup untuk membeli buku seharga Rp 49.000 itu.. Sepulang dari kampus saya mampir ke Kedai Digital Tamansiswa (cari yang deket dari rumah, hehe..) Yipiieee... Alhamdulillah saya punya bukunya.. Gak sabar pengen ngelahap.. xixixi..



Buku Tweet Sadiz menurut penilaian saya kata2nya ringan tapi sangat bermakna dan bikin maaakkjleebbb dan segera tergerak untuk “mengeluarkan uang dari dompet”.

Alhamdulillah saya sudah merasakan betapa ajaibnya sebuah sedekah, saya nggak bermaksud untuk riya’ tapi saya berharap yang lain juga bisa tergerak dan bisa merasakan keajaiban dari sedekah tsb.

Kemaren Selasa, tgl 3 Juli 2012 saya diberi ibu uang jajan sebesar Rp 10.000, setelah melihat uang tersebut tanpa pikir panjang saya langsung memasukkan uang itu ke kotak “Infaq Keluarga” yang dibuat oleh Badan Amil Zakat dan Shodaqoh milik PRM Nitikan, saya yakin uang segitu gak seberapa nanti pasti dapat gantinya, gak usah takut kekurangan uang.

Di hari Selasa itu saya pergi ke Oriflame untuk mengambil orderan dengan uang didompet kira2 tinggal Rp 170.000-an yang mana uang Rp 152.600 adalah uang untuk bayar di Oriflame. Hahhh.. gak pa2 kan niatnya cuma mau ngambil barang trus pulang. Udah berangkat agak pagi eh ternyata di Orifast sudah banyak yang antri.. Sabaarr... saya duduk mengikuti alur antrian. Dan tempat duduk yang saya duduki ada tas kresek kecil, saya diberitau kalau ternyata kursi itu sudah ada yang menempati, saya pun bergeser ke kanan. Setiap bergeser tas kresek itu ikut ku geser. Dan beberapa saat kemudian ada ibu2 yang mencari tas kresek itu, saya pun berteriak kecil memberitau ibu tadi kalau tas kreseknya ada di sampingku. Ibu itu senang sekali saya sudah memindah setiap antriannya maju. Bagiku itu hal yang sepele sampai saya terheran2 yahh itu hanya masalah sepele tapi ternyata si ibu malah berlebihan berterimakasih.. Alhamdulillah pagi2 dapat senyuman dan pahala.. hehe..

Akhirnya setelah 1 jam ngantri bayar tibalah giliran saya, setelah membayar saya naik ke lantai 2 untuk antri ngambil orderan. MasyaAllah.. antrinya buanyaakk.. Sabaar... saya dapat nomer antrian 82.. Dan ketika saya antri, yang Orifast nomer antrian yang dipanggil baru nomer dibawah 10. Yaahh.. memang kudu sabar.. Mau pulang males. Ketika saya duduk di lantai untuk menunggu antrian Ibu2 yang tadi menghampiriku untuk nebeng nomer antrian, saya pun memperbolehkannya. Dan ibu itu mohon pamit mau ngurus duit dulu di bank dan mau masak untuk suaminya.

Tik tok.. tik tok.. tik tok.. 1 jam berlalu.. tik tok.. tik tok.. 2 jam, 3 jam.. 4 jam..

Tiba2 saya mendapat sms dari ibu itu kalau beliau sedang memasak untuk suaminya dan nanti kalau kembali ke Oriflame mau membawakan makanan untukku.. Saya pun merasa tak enak hati kalo dibawain makanan,, takut merepotkan.. hehe.. walaupun sebenernya perut udah mulai protes maklum udah berapa jam tuh nunggu, untung aja di tas ada permen. Hehe..

Sekitar hampir jam 2 ibu itu datang benar2 membawa sop masakannya dan nasi kucing. Ya Allah... waktu itu saya bener2 terharu, baiikk banget ibu itu.. Saya dipaksa makan karena si ibu takut saya telat makan. Dan saya pun memakannya dengan sedikit malu2. Hehe.. Alhamdulillah kenyang.. ^_^

Oiya, sebelumnya ketika saya antri membayar saya bercerita pada si ibu kalau saya kehabisan stock tender care, eh ibu itu menawarkan tender care yang saya pengen itu karena temannya punya banyak stock dan saya memesan 3 buah. Waktu si ibu membawakan makan beliau juga membawakan tender carenya,, heemmm... saya keinget kalo di dompet saya tinggal Rp 20.000-an.. Saya pun bernegoisasi dengan ibu itu kalo uang di dompet saya tinggal Rp 20.000, si ibu pun memberi pilihan terserah saya, yaudah saya dibawain 2 dulu dengan utang Rp 7000 ke ibu itu. Haahh.. uang tinggal Rp 2000-an kalo gak salah..

Setelah nunggu hampir 6 jam selesei deh ambil orderan, pulang lah saya... dan membuat janji dengan si ibu kalau saya besok mau berkunjung ke rumah beliau untuk membayar hutang dan membeli tender care yang satunya. Hehe..

Cerita yang kedua gini nih.. malemnya saya datang ke rapat untuk persiapan Sepekan Bersama Remaja Masjid di dekat rumahku, di rapat itu saya diberi PJ untuk menyiapakan doorprize dan dalam obrolan tersebut ada yang nanya hutang ke saya dulu ada berapa duit.. Ya Allah padahal saya udah lupa. Tapi ini memang janji Allah.. ketika dompet saya mulai menipis ternyata ada yang mau membayar hutang. Inilah keajaiban dari sedekah..

Hari berikutnya saya memasang foto tender care untuk dijual di grup dan Alhamdulillah laku 2,, orderan Oriflame pun sudah dibayar.. Subhanallah dompet saya ada isinya lagi..

Dan cerita yang saya alami hari ini adalah.. Tadi pagi saya mendapat uang jajan lagi sebesar Rp 10.000 dan yang Rp 5000nya saya masukkan ke kotak Infaq Keluarga, kemudian saya pergi untuk ikut survey Family Funbike ke MSH.. Sepulang dari sana kami mampir jajan soto, saya membayar kepada teman saya dan saya lebihkan.. Ikhlass demi memancing rezeki dari Allah..

Dan ternyata oh ternyata kira-kira 1,5 jam kemudian saya mendapat sms dari teman saya kalo temannya punya stock tas yang sangat saya pengen dari kemaren, tapi karena kehabisan stock saya mengikhlaskannya.. mungkin itu bukan rezeki saya.. Subhanallah gara2 sedekah semua yang sulit tiba2 menjadi mudah..

Kembali ke bukunya Mas Saptuari.. di dalam buku itu ada sebuah kalimat yang membahas perkataannya Ustadz Arifin Ilham bahwa Ada 3 keutamaan bersedekah.. 1. Memanjangkan umur, 2. Menolak bala dan 3. Melapangkan rezeki..

Subhanallah... Allah memang Maha Kaya, Maha Pemurah...

Semoga tulisan yang masih acak adul bisa bermanfaat... Terimakasih.. Wassalamu’alaikum.

2 komentar:

  1. memang KEREEEN!

    isinya Tweet @Saptuari yg PROVOKATIF, SADIS dan KERAS nmn INSPIRATIF buat kita BERFIKIR u/ BERUSAHA & mngeluarkan SEDEKAH

    BalasHapus
  2. iyaa.. benar sekali..
    Alhamdulillah dipertemukan dg seorang mas Saptuari yg sgt inspiratif.. dan semangat sedekahnya membara. :D

    BalasHapus