Sabtu, 28 Juli 2012

Umroh pertamaku #3

Hari Kamis Tanggal 21 Juni 2012 jam 2 siang kami dijadwalkan harus siap2 untuk berangkat menuju Mekkah untuk melaksanakan umroh. Namun sebelumnya kami berhenti di Bir Ali untuk melaksanakan niat umroh. Di sana sholat 2 rakaat dulu. Ini dia foto masjidnya.. Bangunan yang kanan itu tempat sholat untuk yang perempuan..



Menjelang sholat maghrib kami berhenti di sebulah masjid di pinggir jalan.. Upss.. waktu wudhu airnya tinggal dikit dan airnya uasiinnn.. kayak air laut.. mungkin airnya gak disuling kali.. Dan masjidnya kok kyk kurang terurusnya.. *miris*

Nyampe Kota Mekkah, subhanallah antara percaya gak percaya.. Saya bisa sampe sini ya? Alhamdulillah.. ^_^

Dalam perjalanan menuju hotel di pinggir jalan banyak juga toko Indonesia,, ada warung Nasi Padang.. tapi sayang gak kefoto.. hehe..

Akhirnya sampe deh di hotel kami Al Olayan Al Khalil di jalan Ibrahim Al-Khalil belakangnya Green Zam-zam. Kira2 nyampe jam 9 malam deh kayaknya.. Nyampe sana kami nunggu beberapa saat di lobi untuk pembagian kunci kamar. Saya, budhe, Mbak Martini dan Bu Lastri masih tetep 1 kamar, kami dpt kamar di gedung B Lantai 4 nomer kamar 406 (kalo gak salah).

Jam 11 kami dijadwalkan berkumpul untuk melaksanakan umroh. Selesei makan malam dan beristirahan sebentar, kami turun ke lobi. Jarak antara hotel dengan Mekkah kira2 300an meter. Awalnya dibilangin agak jauh, tapi kalo bolak balik sana jadi gak kerasa jauhnya..

Kami masuk dari pintu 85, dan waktu masuk ke sana penjagaannya gak seketat di Nabawi.. Bawa kamera atau Hp lolos2 aja.. ^_^

Jreng.. jreng.. detik2 masuk daerah Ka’bah.. dalam benakku.. “bagaimanakah bentukknya dari dekat?” dan melihat Ka’bah saya berdoa “Allahuma antasalam, Wa minkasalam.. Fahayinna bissalam”. Waktu itu jam sudah menunjukkan tengah malam tapi masjid masih rame sekali. Kami meraptkan barisan dan melaksanakan Tawaf. Dalam setiap putaran saya terkagum2 dengan dekatnya Ka’bah. Dulu hanya melihat dari foto atau Tv skrg begitu dekat. Usai tawaf kami minum air zam2 dulu.. Saya mencari yang not cool tapi tdk ada, yaudah bismillah.. saya minum zam2nya dingin.. Setelah itu kami menuju tempat sa’i 7 putaran dari bukit Shafa Mawah . Dimulai dari Shafa dan terakhir di Marwah. Ngerasa cukup capek sih.. Tapi simbah2 yang ku gandenga aja masih bersemangat saya pun harus lebih berkuat.. Di pertengahan sa’i kami dibawa ke t4 zam2 untuk istirahat minum2 sebentar demi memulihkan tenaga.

7 putaran telah kami selesaikan, ustadz pembimbing kami langsung berdoa dan kami mengamini.. Usai berdoa pak ustadz memohon maaf apabila biro perjalanannya ada kekurangan dalam membimbing. Dan kami para rombongan saling memohon maaf dan menumpahkan air mata haru. Kurang 1 kewajiban umrohnya yaitu bertahalul atau memotong rambut, yang laki-laki diajak ustadz harun dan Pak Djundan menuju tempat potong rambut yang katanya harganya 15 Real. Hehe.. Kami yang perempuan melaksanakan tahalul di kamar mandi.



Selesei umroh

Karena udah jam 3-an para rombongan memilih untuk tetap tinggal di Masjidil haram untuk sekalian sholat Tahajud dan dilanjutkan sholat fajar serta Subuh.. Sholat subuh kami laksanakan di pelataran masjidil haram. Karena malam itu malam Jumat kata ustadz Harun orang Arab pada keluar dari rumah terutama yang perempuan, rame gitu dg anak2.. ^_^

Pengalaman pertama saya bisa sholat Jumat di Masjidil Haram, khutbahnya pake bahasa Arab dong tentunya.. Blasss gak dong... hehe..

Ada yang beda antara masjid Nabawi dan Masjidil Haram,, kalo di Nabawi tempat sholat yang laki-laki dan perempuan di pisahin.. Nah kalo di Masjidil Haram shafnya gak dipisahin.. ada yang laki2 sama perempuan deketan..

**bersambung**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar