Senin, 06 Mei 2013

Keutamaan Al-Fatihah by Ust. Yusuf Mansur

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan CD ODOA waktu ada Tabligh Akbar di UIN.. Berhubung daripada ilmu hanya mengendap di saya. Sekarang saya pengen berbagi apa yang ada di CD. Pertama kali saya mau ngeshare tentang Tausiyah Keutamaan Al-Fatihah karena Al-Fatihah adalah surat yang pertama. Semoga bermanfaat... Cekidot...

Al-Fatihah itu luar biasa, Rasulullah mengabari sahabatnya bahwa Allah tidak menurunkan di dalam kitab-kitab suci yang lain. Al-fatihah adalah As Sab'ul Matsaany yaitu 7 yang diulang-ulang. Disebut tersebut karena dibaca berkali-kali dalam sholat. Tidak sah kalau tidak membaca Al-fatihah. Barangsiapa yang sholat tidak membaca umul kitab maka tiga kali tidak sempurna.

Al-fatihah itu dialog antara kita dengan Allah SWT. Setiap ayat Allah selalu menjawab. Oleh karena itu, sebagian guru mengatakan ketika sholat membaca Al-fatihah jangan disambung, kan ada dialog, kudu dinikmati. Ketika kita mengucapkan Alhamdulillahirabil 'alamin, Allah menjawab "hambaKu telah memujiKu". Ketika kita membaca arahmanirrahim, Allah menjawab "hambaKu telah mengulang pujian atasKu. dan ketika kita membaca maalikiyaumiddin, Allah menjawab "hambaKu telah mengagungkanKu".

Al-Fatihan bisa sebagai doa. Misalnya bagi para hafidz sebelum menghafal, baca Al-Fatihah dulu. Pertama sholawat dulu, berdoa diberi kemudahan trus Al-Fatihah.

Rasulullah bersabda kepada Ibnu Jabeer.. ”Mau kah aku kabarkan kepadamu tentang sebaik-baiknya surat dalam Al-quran?”. Ibnu Jabeer menjawab “tentu Ya Rasulullah”. “Bacalah Alhamdulillahirabil ‘alamin dan seterusnya”.

Al fatihah mendorong doa kita lebih naik lagi kepada Allah SWT dan Al-Fatihah mengandung petunjuk. Dulu pernah ketika anaknya ust. Yusuf Mansur sakit, teman beliau mengusap ubun-ubun kepala putrinya sambil membaca Al-Fatihah. Tapi menurut ustadz Yusuf Mansur masalah jumlah terserah.

Subhanallah... sungguh indah mempelajari Al-Fatihah. Banyak keutamaannya... lain kali insyaAllah pengen share tentang tafsirnya... Yuk sama-sama istiqomah belajar.. Saling memberi dan menerima.. Fastabiqul Khairaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar