Selasa, 27 Agustus 2013

Ada hikmah dari sebuah ujian

Siang tadi saya mencoba kepoin video motivartistnya Marshanda. Awalnya sih penasaran gara-gara di timeline twitter akunnya marshanda sering dimention followernya kalo videonya bagus.
Video apaan sih??
Akhirnya ya siang tadi menyempatkan youtube-ing videonya. Judulnya From failure to Hikmah. Isinya tentang sebuah kegagalan yang akhirnya menciptakan hikmah. Apabila kegagalan semakin besar, semakin membuat kita terjatuh kalo kita dpt melihat hikmah kita akan maju. Ada quotes yang menyatakan bahwa dibutuhkan tekanan berton ton untuk menjadi berlian. Tekanan itu ibarat masalah atau ujian. Kegagalan adalah bekal untuk kita lebih baik lagi.

Di setiap kegagalan itu ada rahasia Allah agar kita memiliki mental yang lebih kuat, kita bisa introspeksi diri, bisa merasakan asam garam kehidupan dan dari semua itu pada akhirnya kita bisa mengambil sebuah hikmah sehingga kita bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan lebih berani menghadapinya.

Di tengah video agak speechless juga sih dengerin mashanda cerita masa lalunya yang traumatis. Ooh.. betapa cukup berat juga dia dikala masih kecil. Alhamdulillah saya masih diberi sebuah keluarga yang utuh. Tapi sebuah kerasnya ujian dia bisa bangkit dan menjadi lebih dewasa dalam memaknai sebuah masalah.

Setiap orang pasti memiliki masalah, termasuk saya. Saya juga pernah merasa gagal yang kadang membuat saya sedikit kecewa dengan diri sendiri dan keadaan. Terkadang saya dapat menyelesaikan sendiri atau nggak ya curhat dengan orang lain. Namun ada salah satu hal yang sampai sekarang tak pernah ku share dengan oranglain. Ada satu masalah yang bener-bener menggangguku namun saya belum berani untuk open. Mungkin sebenernya ada lah 1 atau 2 orang yang tau. Tapi mungkin kurang ngeh kalo itu masalah sekali untuk saya.

Hingga kini 1 masalah yang belum ini ku buka lebih dalam tadi terkadang membuatku ambisius pada 1 tujuan. Saya pengen seperti ini. Titik. Di lain sisi bagus juga karena dengan ambisi itu saya bisa bersemangat, namun ambisi itu sebenernya adalah hasil kekecewaan.

Semakin bertambah umur saya semakin memaknai bahwa ini cobaan dari Allah untuk mendewasakan saya. Saya bisa lebih sabar dari sebelum-sebelumnya. Tapi dari situ saya terkadang menjadi tak ingin ambil pusing dengan sebuah masalah. Biar deh lupakan saja masalah itu. Saya jadi sering flight.. alias cuek dengan masalah tanpa menyelesaikan. Mengganggap sesuatu itu tak pernah terjadi. Saya seperti tidak ingin ambil beban. Dan masalah jadi panjang. Saya tau cara ini salah. Awalnya akan baik tapi.. apabila masalah tanpa penyelesaian suatu saat bisa saja akan muncul kembali.

Suatu ketika saya menemukan titik balik dalam hidup saya, saya nggak boleh cuek lagi. Saya harus mengambil setiap hikmah. Pasti ada kok. Semua harus dikembalikan pada Allah. Ketika kita bersabar dan ikhlas maka pertolongan Allah akan datang. Saya inget dulu ketika bersilaturahmi di rumah salah satu keluarga teman sang bapak menasehatiku bahwa setiap kesulitan itu sudah dibarengi dengan kemudahan. Cuma tugasnya kita harus peka saja.

Setelah melihat video from failure to hikmah saya seperti mendapat insigh lagi. Pliiis deh... jangan takut dengan sebuah kegagalan, ujian ataupun masalah. Let’s see... gimana pribadi sebelum dapet ujian dengan pribadi setelah dapat ujian. Lebih kuat mana? Kita harus pinter memaknai sinyal dari Allah.. Dan masa lalu biar lah berlalu. Kegagalan yang dulu tidak perlu disesali lagi. Karena kegagalan yang dulu adalah langkah awal menuju pribadi yang seperti berlian. InsyaAllah.. aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar