Selasa, 03 September 2013

Kenali dirimu

Kunci sukses adalah mengenali dirimu sendiri.. agar passion bener-bener sesuai dengan diri. Beberapa hari kemarin saya sedang random masalah pekerjaan. Sebenernya mau ku tu apa? Saya seperti kejebak antara keinginan dan tuntutan. Jadinya saya nggak action action.

Akhirnya saya mengambil keputusan mengenali diriku lebih dalam. Kemaren kemana aja pep? Hiks hiks.. Intinya setelah saya mengenali diri lebih dalam saya bisa meruntuhkan “tuntutan” dan menyampaikan bahwa ini loh saya.. hehe.. Pertama saya menggali kepribadian. Ada 4 kepribadian. Dan saya termasuk duet antara melankolis dan plegmatis.

Orang yg melankolis itu biasanya perfeksionis, menarik, analitik, mendalam, serius, tekun, idealis, introvert, cerdas, kreatif, terorganisir.

Iya bener emang.. terkadang saya perfeksionis dan idealis.. pokoknya harus gini gini gini dan gini. Sering saya dapet komplain kalo saya terlalu idealis. Udah 2 orang.. huhuhu.. Introvert pun juga bener, saya ini terkesan introvert. Saya akan bener-bener menceritakan sesuatu hanya pada seseorang yang saya percaya. Dan saya kira tidak mudah begitu saja saya bercerita blak blakan. Lebih sering diungkapin lewat tulisan. Hehe..

Orang plegmatis tidak suka dengan konflik dan pertentangan. Mereka lebih senang memberikan dukungan & melayani serta setuju dengan pendapat orang lain.

Iya iya bener banget ini mah.. Males banget sebenernya dengan yang namanya konflik, debat dan sodara sodaranya itu. Jujur mending milih cuek dan menganggap gak terjadi apa2. Hehehe...

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, orang plegmatis hanya bisa mengerjakan 1 hal dalam 1 waktu tertentu. Mereka tidak bisa mengerjakan banyak hal secara bersamaan.

Yapss... contohnya akhir bulan Juni kemaren waktu mau daftar S2 berbarengan dengan tugas magang. Saya memutuskan untuk pending daftar S2 yang sangat diharapkan orangtuaku. Ya itu karena saya nggak mampu terlalu banyak mencabangkan pikiran. Daripada keteteran semua. Saya tipenya mau fokus 1 hal. Setia gitu ceritanya. Hehe.. -_-

Orang plegmatis sangat baik dalam menerima perintah. 1 hal yang sangat sulit dilakukan oleh mereka adalah berkata ”tidak.”

Nah ini yang mungkin sudah banyak diketahui oleh teman-temanku. Saya tidak mudah berkata tidak. Alesannya nggak enak hati. Hehe.. Pikiranku.. biar deh diniatin pahala..

Satu lagi yang sedang saya pelajari -> mesin kecerdasan dari tes stifin. Di situ ada 5 kecerdasan. Thinking, Sensing, Intuiting, Feeling dan Insting. Setelah saya baca-baca dan ngikutin twit seorang pakar tes stifin, saya termasuk feeling. Tapi saya belum pernah nyoba tes stifin. InsyaAllah semoga bulan depan bisa tes. Pengen tau demi langkah masa depan. :)

Saya juga membaca buku ON nya Pak @JamilAzzaini. Beliau mengatakan bahwa seseorang yang memiliki mesin kecerdasan Feeling yaitu jenis kepribadian yang berbasiskan emosi dan perasaan atau bisa disepadankan dengan kecerdasan emosi atau EQ (Emotional Quitient). Cara belajar yang paling tepat adalah dengan mendengarkan. Saya emang seneng mendengar, apa lagi kalo lagi ada seminar atau apa deh saya bisa diem nggak peduli sampingku ngomong apa. Terkecuali kalo diajak ngobrol dimana saya ngak bisa berkata “tidak”. Hehe.. Salah satu kelebihan orang Feeling adalah mampu menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang. Aahhh... belum kalo ini. Saya masih jauuhh... hehe.. Emang sih impianku adalah bisa bermanfaat dan apa yang saya sampaikan bisa menginspirasi orang salah satunya melalui blog ini. InsyaAllah. Positifnya dari Feeling: pandai berempati, a leader, motivator, friendly.. hemmm... iya nggak ya? bagaimana teman teman? :)

Kelemahan orang Feeling adalah memiliki semangat yang tinggi namun ia ingin selalu dimanja dan diperhatikan. Hahaha.. jadi malu.. >_< Yang negatif lainnya dari Feeling yaitu suka blame others, moody, males mikir, cuek. Haduduh... iya iya ngaku... saya moody dan cuek, males mikir sesuatu yang saya rasa nggak penting cuma bikin riweuh pikiran. Sekali lagi saya menganggap sesuatu itu nggak pernah terjadi. Hehe..

Tugas saya minggu minggu ini adalah tetap harus menggali tentang diri saya.. Saya cuma nggak mau kecemplung di lubang yang salah dan bisa mengoptimalkan kelebihan saya. InsyaAllah.. Yuk kenali dirimu untuk masa depan yang lebih baik :).

1 komentar: