Minggu, 20 Oktober 2013

Mencoba Infused Water

Hot.... akhir-akhir ini Jogja lagi hot banget secara matahari lagi berada tepat di atas kota Jogja. Bahkan paling tinggi kemaren kamis sampe 38 derajat celcius. MasyaAllah... Sempet ni ngerasain yang kayak gini. Seingetku dulu waktu awal-awal kuliah matahari juga pernah berada tepat di atas Jogja, sekitar tahun 2009. Saking ekstrimnya cuaca cukup banyak muncul penyakit, salah satu yang nggak ketinggalan adalah flu. Udah dari minggu kemaren saya kena flu, sepertinya langganan banget ini. Dari awal Juli bolak balik kena flu. Beberapa minggu sekali batuk pilek. Bahkan yang paling riweuh kemaren pas puasa. Satu bulan batuk pilek. Astaghfirullah..

Adanya cuaca eksrim ini kita harus pinter-pinter jaga kesehatan. Pola makan teratur, banyakin minum air putih, susu dan buah-buahan, bisa juga didompleng dengan multivitamin. Kemaren saya udah rutin tiap berangkat kerja minum vitamin C akan tetapi apa daya... daya tahan tubuh saya tetep keok dengan serangan penyakit flu. Minum obat pilek dosis tinggi eh malah jadi sesek nafas. Ku hentikan deh dan obatnya saya ganti dengan banyak minum air putih dan minum vitamin C.


Tiba-tiba saya teringat info beberapa bulan yang lalu tentang infused water dan hari sabtu kemaren di salah satu stasiun TV swasta juga sedang membahas tentang infused water. Gaya hidup sehat masa kini. Bulan lalu Program Green smoothies saya nggak berhasil, hanya bertahan 4 hari kemudian pencernaan malah bermasalah. Sekarang saya mau nyoba infused water saja. Toh kayaknya lebih simpel. Nggak usah diblender. hehe..


Saya baca di kaskus, arti infused water adalah air yang "diberi" tambahan lain untuk memberikan rasa dan manfaat tambahan bagi air tersebut. Infused water itu air putih yang dicemplungi buah-buahan terus didiemin beberapa jam sampai sari-sari buahnya keluar terus air putihnya berasa buah yang tadi dicemplung. Dari beberapa blog yang saya baca sangat banyak manfaat infused water ini, dan sebagian besar mengatakan bagus untuk ngedetoks tubuh.. 


Hari minggu ini saya mencoba membuat infused water. Berhubung di kulkas hanya ada buah pir maka itu yang saya pake. Lagi mager buat belanja. hehe... Saya ambil botol kaca tempat kopi yang udah habis kopinya. Botolnya dicuci bersih, keringkan. Setelah itu tuang air putih 3/4 dari botol, masukkan irisan pir dan tutup deh botolnya. Tunggu minimal 2 jam. Rasakan airnya, kerasa buah pir banget. Yaiyalah.... hahaha... Dari tutorial yang ada rata-rata infused water memakai air es atau nggak air putih biasa ditambah es batu. Berhubung saya masih flu dan cuaca yang ekstrim gini saya nggak berani pake es. Walaupun pasti enak banget kalo pake es di siang yang hot. nyeesss...  hehe...


2 komentar:

  1. hai aslkum..slmat berkenalan..kawan dari Malaysia..saya nak tanye..air nie memang elok untuk flu yer?lagi untuk apa?

    BalasHapus
  2. Waalaikumusalam ukhti Akma... sebenarnya air minum ini bagus untuk membuang racun dalam tubuh.. kalau untuk flu sepertinya belum terlalu ampuh.. hehe..

    BalasHapus