Minggu, 10 November 2013

Hati-hati Ghazwul Fikr #1

Beberapa minggu ini di facebook, twitter dan whatsaap lagi happening foto profil dengan gambar karikatur. Awalnya saya pikir lucu yaa.... Tapi kalau dipikir lagi kok rata-rata gambarnya seperti itu? Dari sekian foto profil yang saya lihat kebanyakan gambarnya seorang cewek dengan pakaian yang masyaAllah bikin geleng-geleng. Gimana enggak, yang punya sosial media itu kesehariannya berjilbab, eh foto profilnya karikatur cewek pakai baju yang minim, rok pendek, baju ketat dan maaf ada yang menonjolkan dadanya. Masya Allah... Yang sangat saya sayangkan bagaimana kalau ada yang ngebayangin kayak gitu? bukannya suudzon ya, tapi setidaknya muslimah menjaga diri agar tidak tereksploitasi pikiran orang.

Saya pikir ini udah termasuk ghazwul fikr... Secara bahasa, ghazwul artinya serangan, serbuan atau invansi. Sedangkan Fikri adalah pemikiran. Jadi ghazwul fikri dapat diartikan sebagai serangan untuk mengubah pemikiran sehingga tidak sesuai lagi dengan pedoman awal yang dipegangnya. Ghazwul fikr yang sering muncul ada pada food, fun dan fashion. Sekarang lagi ngetren aplikasi tersebut dan mengesampingkan bahwa aslinya si muslimah berjilbab.

Era sekarang sudah bukan zamannya perang dengan tembak-tembakan, dengan bom meskipun di timur tengah sana masih ada sih. :( Orang lebih canggih dalam mempengaruhi dengan pemikiran.
Di bawah ini salah satu contoh gambarnya, namun saya pilih gambar yang tidak terlalu ekstrim.. :) Maaf ya kalau saya mengkritisi, saya hanya ingin muslimah jangan sampai kebablasan mengikuti tren tanpa melihat itu benar atau tidak. :)

[12.11.13]
Nb: ini ada tambahan postingan dari facebook untuk memperkuat keresahan saya.. hehe.. Dear muslimah.. hati-hati ghazwul fikr yaa... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar