Minggu, 24 November 2013

Manfaat Membaca


Weekend kemarin saya membersihkan rak buku yang sudah beberapa minggu tidak tersentuh. Saya nya yang nggak bisa bagi waktu. hehehe.. Bersihin rak sambil baca-baca dikit buku-bukunya. Maklum banyak buku yang belum saya baca. Numpuk aja tuh di rak. Dan sepertinya rak buku lebih banyak buku-buku milik adik saya yang cowok. Tiba-tiba penglihatan berbinar-binar melihat buku dengan judul Spiritual Reading. xixixi.. lebay... Penasaran dengan isi bukunya.. Sekilas tu buku sepertinya tentang betapa bermanfaatnya kalau kita membaca. Yak dan akhirnya tu buku ku ambil dan ku bawa ke kamar, olalaa... buku yang sebelumnya ingin ku selesaikan ke-skip deh. Kebiasaan suka nimbun buku. Belum selesai udah baca yang lain. Tapi saya setia kok... #eh #salahfokus -_-
Buku tersebut pada halaman awal menjelaskan Allah menurunkan ayat pertamanya adalah Iqro' atau dalam bahasa Indonesia artinya Bacalah... Sudah jelas bahwa Allah menyuruh umatnya untuk gemar membaca. Ada beberapa orang yang ditanya tentang hobi dia menjawab "hobi saya membaca". Padahal sesuai dengan ayat pertama, membaca bukanlah sebuah hobi ataupun kebutuhan sekunder, namun membaca adalah kebutuhan pokok.

Melalui membaca manusia akan memperoleh berbagai manfaat. Entah manfaat langsung ataupun manfaat untuk masa depan. Manfaat langsung misalnya ketika kita membaca kita jadi mengetahui sebuah ilmu, kita tau mana yang benar dan mana yang salah. Kalau manfaat untuk masa depan, misalnya kita disuruh memberi pengisian, tanpa ilmu dengan membaca kita perlu banyak belajar lagi. Selain itu ilmu yang kita baca dulu akan menjadi pedoman di masa depan. Oiya, kelupaan.. yang saya ceritakan di sini membaca buku yang bermanfaat ya, bukan yang novel fiktif yang drama banget. Bukannya mau menegatifkan itu buku, tapi sesekali membaca buku novel fiktif boleh sih. Asal ilmu yang bermanfaat jangan samapai tertinggal, apalagi buku yang inspirational banget. Te o pe lah manfaatnya..
Saya teringat masalah baca membaca. Dulu saat saya SD dan SMP, tentu saja tak luput dari yang namanya PR. Ketika dikasih tugas saya langsung mengerjakannya tanpa membaca dulu. Dan saya sesekali mudah putus asa apabila bertemu dengan soal yang cukup sulit. Berulang-ulang kali bapak yang  ketika itu menemani mengerjakan PR selalu berpesan kira-kira seperti ini perkataannya "Kalau mau mengerjakan ya baca dulu, kalau mau naik tangga kan dari setahap demi setahap, nggak langsung loncat, nanti jatuh. Baca dulu baru tau jawabannya" Sampai sekarang "perintah" membaca yang Bapak ucapkan selalu teringat olehku. Tengkyuu Bapakku.. :*

Manfaat membaca yang saya rasakan adalah yang pertama saya akan tahu dan paham sebuah ilmu, yang kedua bisa sebagai sarana sharing dalam mengobrol ataupun menulis blog, yang ketiga menambah kosa kata, dan yang keempat adalah sarana untuk pembinaan diri. So, yuk yuk dibiasain membaca meskipun hanya beberapa lembar dalam sehari. Upss... untuk umat Islam jangan lupa juga bacaan yang penting untuk dibaca dulu. Baca Al-Quran.. :)

Sekian sharing saya.. ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar