Senin, 25 November 2013

Selamat Hari Guru

Tanggal 25 November 2013 adalah hari guru nasional. Saya tau kalau tanggal ini akan diperingati hari guru baru awal bulan November ini gara-gara kalender di dapur tempat saya kerja ada notenya. Hehe... Maap..  Kemana aja ya saya kok baru tau. Hehe..
Bagaimana pandangan Anda kalau mendengar kata guru? Bagi saya guru adalah seseorang yang sangat berjasa dalam kehidupan kita, seseorang yang membuat kita menjadi pribadi yang  lebih baik, baik dari segi intelektual maupun moral. Tanpa guru kita tidak akan lebih tau dan paham akan suatu hal. Kita jadi tau urutan angka, kita jadi tau macam-macam warna, kita jadi tau bagaimana menjumlah, mengurangi, membagi, mengkalikan dan lain sebagainya. Tak lupa guru mengajarkan bagaimana hal yang baik dan yang tidak perlu kita contoh. Itu basic waktu kita di jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang telah para guru berikan hingga selesai di perguruan tinggi.

Melihat dari kenyataan,  sangat banyak guru yang totalitas terhadap pekerjaannya demi mencerdaskan anak didiknya namun “kesejahteraannya” belum setara. Walaupun seperti itu,  para guru itu tetap ikhlas dengan apresiasi yang diberikan. Mungkin mereka berfikir “ganjaran” mereka lah yang akan menggunung. Khususnya untuk guru-guru di pedalaman. Saya merasa salut dengan mereka. Betapa  tidak mudah mengabdi di sana. Transportasi sulit, untuk membeli perlengkapan belajar pun jauh. Subhanallah.. Kalau kata panitia dan pemateri ketika saya mengikuti Diklat Dasar PAUD -> “gaji guru itu surga”..


Guru menurut saya tak hanya seseorang yang mengajarkan kita di jenjang sekolah, orang tua kita pun guru, teman pun bisa menjadi guru. Jadi, siapapun yang telah memberikan ilmu bisa disebut guru. Kalau guru (dalam arti yang sebenarnya) tempat mengajarnya di sekolah, kalau “guru” sekolahnya adalah kehidupan ini.  Allah telah menemukan kita dengan “guru-guru kehidupan” sehingga kita tau kalau setiap momen ada hikmahnya, kita tau ilmu kehidupan yang tidak di dapat di bangku sekolah.


Melalu ini saya ingin mengucapkan Selamat Hari Guru untuk para guru di sekolahku dan guru-guru kehidupanku. Tanpa engkau saya tidak mungkin lebih tau dan paham akan suatu hal. Dan spesial terimakasih untuk ustadz @felixsiauw dan ustadz @Yusuf_Mansur, melalui kedua ustadz ini saya menemukan sebuah kenyaman dalam hidup. Mereka telah merubah segala mindset yang amazing dampaknya, semoga senantiasa diberi kesehatan dalam berdakwah.. Jazakumullah khairan katsir..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar