Selasa, 07 Januari 2014

Bromo I’m Coming #1

Syalalalaa.... Alhamdulillah resolusi tahun 2013 pengen liburan ke Jawa Timur kesampaian juga walaupun baru kesampaian di awal tahun 2014.. Tapi ada yang kurang sih sebenernya pengennya liburan backpacker sama ......... *senyam senyum buka dream book.. sudahlah... :p nggak usah dibahas.. cukup saya dan Dia yang Tau.. xixi.. main rahasian ni.. ^^V

Oke, kembali deh.. Jadi, tanggal 3 Januari saya dan keluarga saya membuat planning liburan ke Malang dan Bromo. Rencana awal kami mau berangkat ba’da maghrib namun karena si ibu masih sibuk dengan urusan kantor, berangkatnya pun dipending tanggal 4 nunggu urusan kantor si ibu kelar. Kami berangkat dari rumah sekitar jam 1 siang menuju tujuan pertama yaitu ke gunung Bromo. Dipikir-pikir kalau berangkat siang kemungkinan sampai sana tengah malem, otomatis bisa ngejar sunrise Bromo yang subhanallah bagai surga dunia....

Perjalanan tentu saja menemui macet. Secara weekend dan kemarin hujan turun cukup deras. Saat sampai daerah Madiun antrian panjang tak terelakkan lagi karena jalan banjir, walaupun malam hari namun masih bisa terlihat sawah pada tertutup air. Antrian panjang ketika hujan gini pikiran selalu terbayang tahun kemarin waktu di Rancaekek (Jawa Barat) banjir tinggi dan macet selama 2 jam. Beruntung mobil nggak mogok,  melihat sekeliling banyak yang mogok. :(

Sekitar hampir jam 12 malam di pinggir jalan ada tulisan Bromo 81 km.. yey... senengnyaa... Bromo I’m coming.. Eh tapi perjalanan 23 km sebelum Bromo yang ngelewati jalan semacam jalan desa gitu, mendadak saya syok.. Tiba-tiba dari kejauhan ada 2 orang remaja laki-laki berdiri di tengah jalan menghentikan perjalanan kami. Sumpah mendadak deg-degan. Aduh ada preman ni, pikirku pertama kali.. Dibukalah kaca mobil.. Salah satu remaja tanpa ekspresi mengeluarkan suaranya “nduwe rokok ora?”, dan yang nyupirin kami pun menjawab “nggak ono”. Kemudian kaca mobil ditutup. Naah.. deg-degan lagi. Untung nggak diapa-apain.. Soalnya kemarin tu selain ada 2 remaja itu, di sebelah kiri ada beberapa anak yang nggerombol.. Yang gak habis ku pikir tengah malem gitu anak seumuran SMP masih pada nongkrong, ada yang sambil ngerokok pula. MasyaAllah.. apa kagak dicari orangtuanya ya?  -_-

Ternyata perjalanan masih panjang. Jalan desa yang naik turun, gelap ditambah sepi menemani kami menuju tujuan. Tik tok tok tok.. Akhirnya kira-kira jam 2 pagi kami sampai di parkiran gunung Bromo. Mobil hanya diperbolehkan sampai parkiran sedangkan motor bisa sampai gunung Bromo-nya. Untuk menuju Bromo kami menyewa sebuah jip.. Kalau mau ke penanjakan dan kawah gunung Bromo tarif sewanya 450ribu, nah kalau 4 trip di penanjakan, kawah gunung bromo, pasir berbisik dan gurun savana tarifnya 600ribu. Ah kalau cuma 2 trip sayang udah jauh-jauh soalnya. Lagi pula kalau dilihat hematnya memang mending 4 trip sekalian. Hehe.. Pemberangkatan pertama mulai jam 3 pagi. Berhubung masih ada waktu beberapa menit, kami istirahat sebentar.

Pada waktu kami istirahat banyak didatangi para penjual syal, sarung tangan, kupluk, dan kaos kaki. Emang dingin bener euy udaranya.. Karena saya nggak bawa sarung tangan, saya pun beli. Harga syal, sarung tangan dan kupluk ditempat saya beli semuanya 15ribu. Sama sih harganya, kemarin adik saya beli di Jogja harganya juga segitu.

Jam 3 pagi kami berangkat naik Jip yang disopiri oleh Pak Subur.. Saya pun bertanya masih jauh nggak sih? Lah ternyata masih 1 jam lagi. Weeww... ku kira udah deket. Sebelum memasuki kawasan Taman nasional gunung Bromo kami diminta untuk membayar tiket masuk. Ternyata 600ribu itu belum termasuk tiket masuk. -_- Per orang 12ribu, kami berangkat berlima, tapi dibolehin cuma beli 4 tiket. Hehe... Nah kalau motor lain harganya, 1 motor dikenai biaya 25ribu.

Setelah menempuh perjalanan yang naik turun gunung, Jip pun di parkir di pinggir jalan. Kami harus berjalan kaki menuju penanjakan.  Kalau merasa capek di sekeliling parkiran udah banyak para mas-mas yang menawari ojek. Ongkosnya 10ribu. Ada juga yang menyewakan jaket tebal dengan harga yang sama yaitu 10ribu. Awalnya saya pengen menyewa karena memang super duper dingin, badan bisa menggigil sendiri. Sudah memakai double kaos kaki, pake sarung tangan dan jaket ternyata masih dingin. Tapi itu kan bekas orang, hehe... Ditahan aja deh dinginnya.

Terakhir makan nasi itu ba’da maghrib. Duh laper banget, akhirnya kami berhenti dulu di sebuah warung untuk menghangatkan diri, nyantai sambil minum kopi dan gorengan. Setelah dirasa cukup buat ganjel perut, kami melanjutkan perjalanan menuju penanjakan. Jam sudah menunjukkan jam 4 lewat, itu tandanya sudah masuk waktu sholat subuh. Di atas nemu sebuah mushola tapi sayangnya tempatnya rada kotor. Ya sudah dicoba nyari di atas lagi. Ternyata di atas sudah ada yang sholat subuh di sebuah rest area. Sebelum sholat tentu saja wudhu terlebih dahulu. Di luar disediakan untuk tempat wudhu. Tempatnya terbuka, mana mungkin saya wudhu di tempat itu.. :( Akhirnya saya antri kamar mandi. Ooww owww.. Maknyuss dah airnya. Lebih dingin dari air es di kulkas saya. Duingiiinn pol. Baru cuci tangan aja tangan udah efek kayak warna putih hasil kedinginan. Saya pun nggak berani wudhu, bingung mau gimana lagi terpaksa tayamum. Darurat... Beberapa orang mengatakan “darurat.. darurat”, hehe.. Ya Allah semoga Engkau terima sholatku..

Jam hampir menunjukkan pukul 5, saya dengar dari sopir jip katanya sunrise biasanya jam 5 pagi. Setelah ditunggu-tunggu hampir jam 5.30 kabut masih tebal. Sunrisenya ngumpet... :( Daripada buang-buang waktu, kami pun turun untuk menuju next destination..

Ini foto muka ngantuk, muka kedinginan, muka kelaperan nunggu sunrise... hehe..