Selasa, 12 Agustus 2014

A New Hope: Pascasarjana

1 kalimat yang ingiiinn sekali disampaikan di kesempatan ini.. "Sebenernya banyaak sekali yang ingin dituliskan, banyak cerita yang telah ku lalui, tetapi belum sempet buat nulis".. hehe... Pada kesempatan ini aku ingin berbagi cerita tentang "A New Hope". Sebuah harapan baru.

2014 adalah tahun yang begitu luar biasa.. Aku tak bisa menjangkau logika atas kuasaNya. Banyak anugrah, rezeki, kesempatan, kejutan, dan apapun itu yang menggambarkan betapa Maha BesarNya Allah.Terkadang aku berfikir, pantaskah? Aku masih merasa belum istiqomah dalam melalui ini semua. Tapi dengan begitu aku berfikir kembali. Dia telah memberikan banyak anugerah yang tak disangka-sangka. Tugasku wajib semakin mengistiqomahan diri saya.

Salah satu anugerah darinya adalah Dia memberikanku kesempatan untuk melanjutkan studi kembali di sebuah universitas negeri yang ternama di kota Jogja. S1 gagal masuk sana, alhamdulillah S2 nya bisa ngerasain belajar di universitas itu. Awalnya emang agak riweuh mengumpulkan seabrek syarat-syarat pendaftaran. Ditambah pada waktu itu aku masih bekerja dari jam 7 pagi - 4 sore. Jujur, meninggalkan sebuah pekerjaan itu berat apalagi meninggalkan tugas bersama anak-anak. Aku membagi waktu, mencari-cari waktu yang agak longgar untuk meminta ijin mengurus syarat-syarat pendaftaran.

Bikin proyeksi (alasan, harapan, rencana setelah lulus)
Apa sih alasannya? Tentu saja pengen memperdalam ilmu, khususnya psikologi perkembangan anak.
Harapan? Meningkatan kapabilitas diri.. Menambah link.. Eh sebenernya harapannya biar bisa to be a great mom. xixixi... My big dream.. Setelah tau dan semakin paham tentang perkembangan, bisa balik ke kehidupan mendidik anak.. :p
Rencana? Bisa bermanfaat untuk masyarakat dan mendirikan sebuah sekolah non formal untuk anak-anak, butuh parner juga sih... :)

Cari rekomendasi dari 2 dosen; ini cukup butuh perjuangan juga, sms dosen tak juga mendapat balasan, dan akhirnya cari dosen lain. Alhamdulillah dapat 1 dosen, kurang satu lagi mak.. sms dosen lain belum mendapat respon. Sms yang lain dosennya mau keluar kota. Setelah beberapa hari berjuang akhirnya dapat juga rekomendasi dosen. fiuuhh....

Legalisir Paps dan Acept... Tahun 2013 udah lolos untuk kedua tes tersebut, tapi belum ku legalisir. Jadi, disela-sela aku kerja, aku minta ijin buat ke Pusat Bahasa dan Fakultas Psikologi buat legalisir. Nah waktu di Pusat Bahasa agak lama juga sih nunggunya.. Hampir 1 jam.. Salah juga aku keluar di jam istirahat. Kantoran kan juga lagi istirahat. Dueeeenngg...

Oiya kelupaan, jadi sebelum saya daftar online saya udah bayar duluan. Syarat-syarat belum kelar, tapi udah ngebet pengen bayar, ya siapa tau jadi pancingan dulu. hehehe.. Nah seingetku kayaknya terakhir ngumpul berkas adalah tanggal 26 Juni 2014. Beberapa hari atau seminggu ya? lupaa.... sudah ku daftarin online, berkas udah diupload.

Menjelang tanggal 26 Juni, eh liet di web pengumpulan berkas diundur sampai tanggal 11 deh kayaknya. Mungkin karena ada momen pemilihan umum presiden, jadi diundur kali yah? Yaudah deh nyantai ngumpulnya.. hehe.. Aku lupa kapan ngumpul berkasnya.. Pokoknya waktu ngumpul sayanya mendadak kaget. Tiba-tiba disodorin rencana penelitian. Tuing tuing.. Langsung ku buat di sana pake tulisan tangan dan seadanya. Soalnya formnya juga cuma kecil sih. Agak deg-degan juga nulisnya. Blass belum kepikiran sampe ke sini. Sepemahamanku rencana tesis hanya buat yang daftar profesi. Oh ternyata.. hehe.. Setelah selesai nulis rencana penelitian, ku foto kopi di kampus sebelah fak. psikologi. Mintanya difotokopi 2 kali, tapi biar punya pegangan ku fotokopi lebih deh. haha.. Urusan berkas ternyata belum selesai, aku masih dimintain cover skripsi, daftar isi dan abstrak skripsi rangkap 2. Nahloohh.. kudu balik lagi. Di rumah udah firasat mau bawa, dulu udah diprint, tapi ya namanya lupa. hadeehh.. Pulang ambil file yang diminta trus balik lagi. Centang... semua syarat selesai. Waktu mau pamit ibunya ngasih info kalau tes wawancara tanggal 16 Juli 2014. Eiittssss..... ada tes wawancara juga toh? Okee baliklah.. siap graakk..

Hari yang ditunggu-tunggu tiba.. 16 Juli 2014 tes wawancara. Deg-degan.. Bakal apa aja ni yang ditanya? Dan saya udah agak ciut duluan dengan titel para pewawancaranya. Lama banget gak berurusan dengan akademik. 1 tahun sih.. hehe.. Tik tok tik tok.. menunggu giliran. Alhamdulillah saya dapat nomer urut ke 8. Jadi ya agak tenang dikit. Dan tibalah giliranku. Mencoba untuk tetap tenang. Pertama disuruh memperkenalkan diri. Aku pun memperkenalkan diri, menceritakan skripsi. Oh mulai deh dicecar pertanyaan. Mulai dikritisi. Sempet pada satu titik saya bingung mau jawab apa. Jleb.. mulai down.. Beberapa menit berlalu dengan dialog antara 2 pewawancara dengan yang diwawancara. Sudah bu? Ibu dosen pun bilang sudah. Fiiuuhhh... saya keluar ruang wawancara dengan random.. Saya tipenya gampang kepikiran. Kenapa tadi jawab itu? agak getun kalo bahasa jawanya. Perjalanan pulang diam seribu bahasa, badmood bener. Pasrah deh. Tinggal berdoa. Sampai rumah pun langsung masuk kamar. Cara saya ketika lagi badmood. Butuh sendiri dulu, tidur.. hahaha... Pintu kamar diketok-ketok adek saya pun, saya tetap tidak bergeming. Diam di dalam kamar. :D

Beberapa hari masih badmood. Ketika ditanya gimana hasil wawancara, saya berusaha menjawab walaupun sebenernya tidak ingin membahas, ujung-ujungnya ya gitu deh. hehe.. Pengumuman diterima atau enggak akan diberitahu tanggal 23 Juli. Hari berganti hari, saya sampai melupakan hari pengumuman saking tidak ingin membahasnya.

Tanggal 23 Juli, pagi ibu saya mengirim sebuah pesan mengingatkan kalau hari itu adalah hari pengumuman. Saya pun jawab belum ada pengumuman. Jujur sebenernya saya tahu pengumumannya jam 5 sore. Tapi sayanya diem. hehe.. Saya akan memberitahu kalau saya udah tau gimana hasilnya. hehe.. Setelah sholat maghrib, saya buka web. Dan taraaaa...... spechless pake banget.. mendadak saya teriak-teriak setelah membaca pengumuman.. SAYA DITERIMA.. T_T Ibu,,,, bapak,,,, special for you... langsung meluk ibu. Alhamdulillah rasanya legaaa banget...

Ya Allah, berilah hambaMu ini petunjuk dan kelancaran dalam studi ini. Semoga bisa bermanfaat..
aamiin... aamiinn... aamiin....
Harapan baru untuk masa depan.. ^_^


1 komentar:

  1. Alhamdulillah kamu bisa melanjutkan studi...saya di Malaysia mendoakan kamu terus sukses ya...saya suka psikologi..hope nanti saya juga ingin nyambung studi master dalam bidang psikologi...

    BalasHapus